UNISTAMA SALATIGA BERSAMA KARTU PRAKERJA TURUT MENINGKATKAN KOMPETENSI UMKM LEWAT PELATIHAN EDITING VIDEO SMARTPHONE

 


Sebagai salah satu upaya strategis Pemerintah dalam mendorong peningkatan kompetensi angkatan kerja, Program Kartu Prakerja saat ini telah berhasil menjangkau hingga 16,4 juta penerima manfaat. Antusiasme warga masyarakat terhadap Program Kartu Prakerja selama tahun 2023 yang lalu mengalami peningkatan. Hal ini juga mendorong Pemerintah untuk dapat terus melanjutkan program tersebut pada tahun 2024.

Program Kartu Prakerja telah menjadi program yang sangat penting bagi para pencari kerja, pekerja / buruh yang terkena pemutusan hubungan kerja, dan / atau pekerja / buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi. Program ini bertujuan untuk mengembangkan kompetensi kerja dan kewirausahaan, serta memberikan kesempatan bagi pelaku usaha mikro dan kecil untuk meningkatkan kompetensinya.

Pemerintah senantiasa berfokus pada pengembangan kompetensi dan keahlian dari Tenaga Kerja Indonesia (TKI), baik itu untuk memenuhi pasar kerja di dalam negeri maupun untuk memenuhi kebutuhan Pekerja Migran Indonesia (PMI) di luar negeri. Salah satu upaya yang dicetuskan Pemerintah adalah dengan skilling, reskilling, dan upskilling melalui Program Kartu Prakerja.

Ke depannya, Pemerintah berharap agar berbagai lembaga pelatihan dapat berpartisipasi menjadi bagian dalam ekosistem Prakerja dengan mengikuti sejumlah assesmen dan seleksi yag telah ditentukan. “Pemerintah juga mengajak partisipasi masyarakat melalui skema kemitraan yang merupakan wujud Public Private Partnership (PPP) dalam bidang pengembangan SDM Indonesia,” tegas Menko Airlangga dalam beberapa kesempatan.

Seiring berjalannya waktu LPP UNISTAMA Salatiga sebagai Lembaga Pendidikan Profesi yang bergerak dalam Program Pendidikan dan Pelatihan serta penempatan kerja dan usaha terhadap semua alumninya. Turut serta berpastisipasi dalam pengembangan UMKM ( Usaha Mikro Kecil Menengah ) melalui program pelatihan yang dibuka sejak tahun 2023 yang lalu bermitra dengan digital platform SEKOLAH-MU ( Karier-Mu ) dengan judul pelatihan “ Membuat Video dengan Smartphone bagi UMKM & Desainer Multimedia “. Pelatihan ini dapat diakses langsung oleh semua warga Masyarakat seluruh Indonesia dengan mendaftar langsung pada laman Kartu Prakerja. Bagi warga masyarakat Salatiga dan sekitarnya jika ada kesulitan bisa langsung datang ke LPP UNISTAMA Salatiga untuk dibimbing cara mengakses program ini “, jelas Direktur LPP UNISTAMA Salatiga , Ahmadi, BHD. A.Md

Program ini memberikan pembelajaran untuk peserta tentang instalasi aplikasi VN, menyunting audio dan video sesuai naskah, melakukan export hasil editing dengan Aplikasi VN Video Editor menggunakan Smartphone yang dapat digunakan untuk jenis pekerjaan yang berkaitan erat dengan multimedia desainer atau digunakan bagi pelaku UMKM. Peserta dapat mengaplikasikan materi program ini untuk menjadi seorang Desainer Grafis dan Multimedia.

Sesuai dengan Visi LPP UNISTAMA Salatiga Yaitu “ Menjadi Institusi yang Unggul dalam Pendidikan dan Pelatihan  serta Berakhlak Mulia di Indonesia Tahun 2030 “ maka LPP UNISTAMA Salatiga  kini  menapak  maju  ke  depan  dan semakin  diperhitungkan  baik  secara  lokal, nasional  maupun  global.  LPP UNISTAMA  ingin menjadikan  dirinya  sebagai  “ Education and Training Center for Excellent ”,  yaitu  Pusat Pendidikan dan Pelatihan yang berkualitas dengan pelayanan yang ramah dan memuaskan.  Sedangkan  spirit  yang  dibangun  adalah  mendedikasikan  “ LPP UNISTAMA Terbuka Untuk Semua Membantu Sesama”.  Kedua  tujuan itu  memiliki  makna  bahwa  LPP UNISTAMA sangat  serius  berorientasi  pada  peningkatan kualitas  untuk  terus  maju  dan  selalu  memberi manfaat  untuk semua umat manusia di dunia.  Hal ini yang mendorong kami selalu menjalin hubungan dengan berbagai pihak manapun untuk meningkatkan kualitas Pendidikan dan pelatihan di berbagai bidang kejuruan. Dari orientasi itulah kami memperoleh  kepercayaan dari masyarakat untuk tetap maju terus pantang mundur dalam membangun program studi dan program kursus / pelatihan apapun yang dijalankan. Masyarakat sekarang telah cerdas memilih, bukan lagi soal Formal atau Non Formal, tetapi soal kualitas lulusan yang siap bekerja atau berwirausaha. 

Pengakuan  masyarakat  terhadap  LPP UNISTAMA diikuti  oleh  jumlah  pendaftar  calon peserta diklat dan peserta kursus yang cukup besar dan selalu meningkat pada setiap tahunnya. Baik yang mengikuti pelatihan secara Off Line maupun On Line. Juga terbukti dengan adanya pembukaan berbagai bidang studi dan jurusan baru yang selalu diminati oleh peserta didik yang sangat berharap mendapatkan pekerjaan setelah selesai mengikuti pendidikan, Prestasi LPP UNISTAMA juga telah ditorehkan dalam berbagai bidang dari Kejuruan Tata Busana, Teknologi Informasi Komputer ( Multimedia ) maupun Bidang Kesehatan.  Penghargaan  tersebut  diberikan  karena  kemampuan  LPP UNISTAMA   dalam  hal  tata kelola kelembagaan dan kegiatan pendidikan  serta pengabdian  kepada  masyarakat. 

Jumlah peserta didik LPP UNISTAMA dari tahun ke tahun menunjukkan peningkatan yang signifikan untuk berbagai program studi dan program kursus. Hal ini sebagai bentuk kepercayaan atas keberadaan LPP UNISTAMA yang makin diperhitungkan. Mereka berasal dari berbagai latar belakang agama, ras, suku, budaya dan propinsi yang berbeda-beda. Dari sekian banyak peserta didik yang mengikuti studi ataupun kursus di LPP UNISTAMA mereka berasal dari Kota Salatiga, Kabupaten Semarang, Kab. Boyolali sekitarnya dan bahkan dari luar kota dan luar pulau seperti Jabodetabek, Sumatera, Kalimantan, NTT, NTB dan Papua.



Komentar

Postingan populer dari blog ini